Selasa, 05 Januari 2010

E-Commerce Sebagai Salah Satu Bentuk Telematika

Sebagai salah satu bentuk aplikasi telematika, e-commerce memiliki peluang pasar yang besar di Indonesia, hal ini karena internet sebagai media E-commerce sudah sampai kedaerah pedesaan dan bahkan sudah sangat diminati oleh setiap kalangan masyarakat mulai dari professional, pelajar sampai ibu rumah tangga.

Manfaat dari E-commerce itu sendiri bagi perusahaan diantaranya :
-Revenue stream baru
-Market exposure, melebarkan jangkauan
-Menurunkan biaya
-Memperpendek waktu product cycle
-Meningkatkan customer loyality
-Meningkatkan value chain

Dari segi biaya, E-commerce sudah tidak diragukan lagi hanya membutuhkan biaya yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan bentuk perdagangan secara fisik atau langsung. Dan bagi konsumen, salah satu keuntungan bertransaksi melalui metode ini adalah kenyaman. Konsumen tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk datang ke suatu tempat dimana dia ingin mendapatkan barang/jasa yang diinginkan, hanya tinggal mengakses internet dan alamat situs dari suatu produk yang diinginkannya.

Yang menjadi tantangan bagi para pengusaha penyedia jasa dan barang yang menggunakan metode E-commerce adalah bagaimana sistem E-Commerce yang mereka design dapat menjamin keamanan pada konsumennya dalam bertransaksi dan memiliki prosedur back up jika terjadi malfanction pada sistem E-Commercenya. Tantangan lainnya yang harus diperhatikan oleh para pengusaha diantaranya adalah :
-Hancurnya bisnis Internet
-Infrastruktur telekomunikasi yang masih terbatas dan mahal
-Delivery channel (Pengiriman barang masih ditakutkan hilang di jalan, ketepatan waktu dalam pengiriman, jarak/jauhnya pengiriman ).
-Kultur dan Kepercayaan (trust, sebagian besar orang Indonesia masih belum bisa percaya berbelanja dengan hanya melihat katalog)
-Munculnya jenis kejahatan baru
-Ketidakjelasan hukum
-Efek sampingan terhadap kehidupan


Jenis-jenis E-Commerce yang saat ini ada adalah :
-Business to business (B2B)
Antara perusahaan, data berulang, e-procurement
-Business to consumer (B2C)
Retail, pelanggan yang bervariasi, konsep Portal
-Consumer to consumer (C2C)
Contohnya : Lelang (auction)
-Government: G2G, G2B, G2C (citizen)
Contohnya : e-procurement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar